Minggu, 01 Agustus 2010

Nikmatnya Jadi Pendamping

Microsoft Word - blank.doc

Dalam tugas kali pertama sebagai pendamping baru Program Keluarga Harapan (PKH) tidak bisa di bayangkan betapa berat,susah,lelah,dan pahit getir nya yang terkadang masih terasa dalam hati di tambah lagi cercaan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dari pembicaraan yang pernah di lontarkan kepada saya, saya menyadari, bahwa saya manusia biasa yang tak luput dari salah dan kekurangan serta kemampuan. Bagi saya, menjadi seorang Pendamping PKH Kecamatan Saradan merupakan tugas berat dan tantangan untuk menata kembali peserta PKH. Data yang masih amburadul banyak salah dan tidak falid, serta melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait yang menjadi mitra kerja pendamping, serta mensosialisasikan apa itu PKH, harus dijalankan dengan ikhlas.

Semua itu dikarenakan apa?

Selama 3 tahun, 2007 PKH berdiri sampai 2009 wilayah saya hampir tidak pernah terjamah oleh petugas pendamping lama, sehingga banyak data yang salah dan tidak falid, instasi-instasi terkait tidak mengetahui PKH entah itu fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan instansi kelurahan desa, apa lagi peserta PKH? mereka menjadi peserta PKH tidak pernah di kunjungi apa lagi pertemuan kelompok, mereka tahu cuma di waktu pencairan bantuan ambil di kantor pos. Mereka yang menjadi peserta PKH merasa di terlantarkan! Semua kejadian yang saya tulis berdasarkan fakta di lapangan dan keterangan dari RTSM (Peserta PKH), dan semua membawa dampak yang seharunya tidak saya inginkan, ini imbasnya sebagai petugas pendamping baru yang sekarang memegang wilayah tersebut. Istilah jawa-nya, ”ora mangan nongkone jibrat pulute”.

Alhamdulillah dengan rasa syukur dan ihklas, saya selama ini walaupun masih di katakan pendamping baru dan keterbatasan kemampuan mengenai PKH banyak pendamping senior yang ihklas membantu, untuk melakukan atau meluruskan, perbaikan-perbaikan data walaupun itu masih data berjalan masih banyak kekeliruan di karenakan hal tersebut di atas. Syukur Alhamdulillah selama ini suasana di lapangan wilayah dampingan saya sudah bisa di kondisikan, dengan pihak pemerintahan desa, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan peserta PKH sendiri. Semua itu sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai pendamping baru untuk meluruskan bedasarkan aturan PKH yang ada, semua saya syukuri,mudah-mudahan pasti membawa hikmah tersendiri bagi saya khususnya dan bagi pendamping senior umumnya.

Ya Allah kulo nyuwun…

Njenengan paringi slamet, pitulung ingkang bener…

Sedoyo pendamping PKH lancar rejeki, halal, katah, barokah…

Amin ya robal alamin....


Ditulis Oleh :

Hernanto Hari Cahyono,

Pendamping UPPKH Kecamatan Saradan

Desa Dampingan : Desa Tulung dan Desa Bener


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kita harus melayani mereka

kita harus melayani mereka
terima kasih PKH