Senin, 01 Agustus 2011

WASERDA di Kelompok PKH

Dalam upaya pengembangan PKH kami ,pada saat ini melakukan bebagai macam kegiatan yaiu sesuai aturan pedum dalam PKH yaiu salah satunya melakukan pertemuan kelompok.Wilayah kami 2 desa yaitu desa BENER dan desa TULUNG,untuk desa bener ada 5 kelompok yaiu kelompok dusun bener, kedungdang, borok, siwalan dan boto. Untuk desa tulung juga ada 5 kelompok peserta PKH yaitu kelompok dusun sumberagung,tulung,tulungrejo,purworejo dan gaplok.Dari 10 kelompok peserta PKH kami sudah ada kegiatan yaitu WASERDA [ warung serba ada ] dengan modal urunan dari pesrta PKH itu sendiri,selama kami mendampingi kurang lebih 2 tahun ini syukur alhamdulilah sudah berjalan dengan baik meskipun belum maju pesat tetapi sedikit demi sedikit sudah bisa merasakan hasil dari kegiatan waserda dalam kelompok PKH.

Suatu contoh saja Kelompok peserta PKH Desa bener dusun siwalan dengan jumlah anggota 25 peserta yang diketuai oleh ibu Madiyem,kegiatan waserda bediri tanggal 7 juli 2010 dengan modal -+ 350.000 sampai sekarang sudah menggumpul -+ 1.400.000,peserta PKH kami yang sudah ada kegiatan waserda menyadari bahwa hasil keuntungan yang diperoleh belum seberapa besar di banding dengan kelompok peserta PKH dari wilayah kecamatan lain yang sudah ada waserda atau kegiatan ternak ,namun mereka cukup senang dengan adanya kegiatan tersebut,selain itu juga dari peserta juga ada yang usaha sendiri yaitu membuat tempe keripik,jualan bubur,nasi pecel,sayuran,madu asli,membuat batu bata.sedikit banyak sudah ada pendapatan uang dari mereka berjualan.mereka semua perlu dorongan motivasi untuk mengembangkan profesinya.

Dari semua kegiatan yang sudah terbentuk peserta PKH desa BENER dan desa TULUNG,masih banyak belajar dan pengembangan dari wilayah lain dan dari rekan rekan pendamping serta semua fihak yang bersangkutan.

Oleh : Hernanto, Pendamping PKH Kec. Saradan

1 komentar:

  1. Thanks atas sharingnya, sangat bermanfaat Gan... Sekedar informasi untuk rekan-rekan yang membutuhkan software toko warunk serba ada Koperasi karyawan (WASERDA) yang support piutang anggota dan laporan potongan gaji (PAYROLL) bisa download di SOFTWARE WASERDA KOPKAR .
    Semoga bisa bermanfaat...

    BalasHapus

kita harus melayani mereka

kita harus melayani mereka
terima kasih PKH