Senin, 13 Desember 2010

Mendampingi RTSM Untuk Mencapai Kesejahteraan

PKH adalah suatu progam penanggulangan kemiskinanmelalui pemberian bantuan tunai kepada Rumah Tangga Miskin (RTSM), berdasarkan persaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. Tujuan dari Program ini adalah agar dapat membantu Rumah Tangga Miskin (RTSM) dalam jangka pendek. Selain itu PKH merupakan investasi Sumber Daya Manusia agar generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Sudah tiga Tahun lebih Program Keluarga Harapan ini berjalan, dan seiring berjalanya waktu para peserta PKH diharapkan dapat meningkat kesejahteraannya.Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan Rumah Tangga Miskin (RTSM) adalah salah satunya dengan membentuk dan mengembangkan Koperasi Simpan Pinjam dalam Kelompok RTSM itu sendiri. Selain itu juga untuk menekan semakin menjamurnya rentenir dan bank harian yang ada di Desa sekitar mereka tinggal.

Untuk PKH di Kec.Balerejo khususnya Ds.Kuwu,Ds.Pacinan dan Ds.Simo yang terdiri dari 11 kelompok RTSM berharap kesejahteraan anggota kelompok dapat meningkat dengan adanya Koperasi Simpan Pinjam . Dengan menyisihkan sebagian uang bantuan PKH sebagai modal awal akhirnya mereka dapat melaksanakan kegiatan simpan pinjam tersebut.

Alhamdullillah kegiatan simpan pinjam tersebut telah berjalan hamper 1 Tahun, berkat kesadaran dan kedisiplinan dari semua anggota dan pengurus kegiatan simpan pinjam dapat berjalan dengan lancer. Adapun manfaat kegiatan simpan pinjam ini dalam kelompok PKH antara lain:

1. Mereka dapat dengan mudah memperoleh pinjaman dengan bunga yang relative ringan bila dibandingkan meminjam pada rentenir atau bank harian.

2. Meskipun mereka dikenakan bunga tetapi pada akhir tahun mereka akan menerima pembagiam sisa hasil usaha (SHU) .

Sebagai pendamping di Kec.Balerejo khususnya Ds.Kuwu,Ds.Pacinan dan Ds.Simo insyaallah saya akan selalu membimbing para peserta dalam mengelola kegiatan simpan pinjam yang ada dalam kelompok PKH Desa dampingan, ehingga dapat membesar dan berkembang. Menurut saya ini adalah awal dan kesempatan dari mereka untuk mencapai kemandirian sehingga dikemudian hari kesejahteraan mereka dapat meningkat

Ditulis Oleh :
Yuni Dwi Astutik
Pendamping PKH Kecamatan Balerejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kita harus melayani mereka

kita harus melayani mereka
terima kasih PKH