Rabu, 30 Maret 2011

Pentingnya PAUD

Dari sekian banyak prasarat fungsional salah satu yang dibiayai dalam Program Keluarga Harapan adalah balita yang dalam bahasa pendidikan non formal, mereka ini masuk dalam kategori Anak Usia Dini.

Anak adalah manusia kecil yang mempunyai potensi dan karakteristik yang khas yang tidak sama dengan orang dewasa, mereka selalu ingin tahu terhadap apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Mereka seolah-olah tidak pernah berhenti untuk belajar.

Pendidikan Anak Usia Dini idealnya dimulai dari lingkungan keluarga, dalam hal ini adalah orang tua dan pihak yang merasa dekat dengan anak. Anak Usia Dini berada pada rentang usia 0 – 6 tahun. Pada masa ini proses pertumbuhan dan perkembangan anak dalam berbagai aspek mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Anak baru lahir sampai dengan usia 6 tahun, merupakan usia yang sangat menentukan dalam pembentukan karakter dan kepribadian seorang anak. Untuk itu pendidikan bagi seorang anak di usia dini perlu sekali untuk diberikan. Upaya untuk memberi pendidikan seorang anak adalah dengan cara membimbing, mengasuh memberi kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan seorang anak.

Tumbuh kembang seorang anak dapat di lihat bukan hanya dari tinggi rendahnya berat badan yang diukur setiap bulannya, akan tetapi juga dilihat dari cepat tidaknya seorang anak menangkap respon yang diberikan sesuai dengan batas usia. Untuk anak usia Batita ( Bawah Tiga Tahun ) asupan gizi memang sangat diperlukan dan dapat dipantau dari perkembangan timbang badan anak. Akan tetapi anak usia Balita ( Bawah Lima Tahun ) dan lebih dari usia lima tahun tumbuh kembang anak dapat dilihat dari sejauh mana seorang anak mampu beradaptasi dengan lingkungan, mampu melakukan perintah, dan mampu melakukan gerakan – gerakan motorik, baik motorik halus maupun motorik kasar.

Tempat untuk memberi pendidikan bagi anak usia 4 – 6 tahun selain di lingkungan keluarga adalah masuk dalam pendidikan non formal. Yaitu Taman Kanak-Kanak ( TK ) dan Kelompok Bermain ( play group ). Karena dua lembaga tersebut merupakan tempat untuk melatih dan mendidik anak Usia Dini. Mereka yang masuk di lingkungan tersebut akan dapat kita pantau perkembangan kemampuan anak Dalam Program Keluarga Harapan sesuai dengan PTO ( Petunjuk Teknis Operasional ) dari UPPKH Pusat tumbuh kembang seorang anak sebelum memasuki ke jenjang pendidikan formal yaitu dengan cara pemantauan melalui Posyandu dimana peserta PKH tinggal. Dimana Posyandu hanya bisa melihat seorang anak untuk ukuran berat badan saja, dan akan lebih ideal kalau tumbuh kembangnya anak juga dilihat dalam lingkungan pendidikan non formal. PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini yang didalamnya termasuk Pendidikan TK dan Kelompok Bermain adalah tempat yang tepat untuk melihat perkembangan seorang anak sampai batas waktu mereka bisa masuk ke pendidikan formal yaitu Sekolah Dasar.

Tulisan ini bertujuan mengingatkan paran orang tua yang memiliki anak pada kategori usia dini, bahwa peletakan pondasi dasar pada anak idealnya dilakukan pada usia dini. Pembentukan watak kepribadian, kecerdasan dan kreatifitas anak seyogyanya dimulai pada saat anak masih di usia dini dan tidak lagi menunggu hingga anak faham dan mengerti tentang hal-hal yang normatif.

Oleh :
Yuli Siswantini
Pendamping PKH Kecamatan Gemarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kita harus melayani mereka

kita harus melayani mereka
terima kasih PKH