Selasa, 02 Agustus 2011

Apa Saja Kegiatan Di OmahPinter???

Di Omah Pinter metode pembelajaran yang kami pakai cukup beragam, ada yang langsung dipraktekkan misalnya berhitung dengan Jarimatika, Sejarah dengan metode bercerita, metode teman sebaya
(peer teaching) untuk memahami mata pelajaran IPA dan IPS.
Alhamdulillah anak-anak merasa senang dan terbantu dalam menempuh pelajaran di sekolah, karena kalau biasanya dirumah mereka tidak bisa bertanya kepada orang tua maupun saudara, sekarang mereka bisa bertanya setiap hari kepada tutor yang bertempat tinggal dekat dengan mereka.
”Saya diajari perkalian sampai 100 sama Pak Anang (Pendamping PKH Kec. Saradan)” ujar Imam dan Joni murid kelas 2 SD dengan antusias. ” Kalo saya suka jarimatika yang diajarkan Bu Agustin (Pendamping PKH Kec. Mejayan)” ujar si kembar Yeni dan Yesi murid kelas 5 SDN dengan malu-malu. ”Saya belum bisa baca dan berhitung, jadi saya diajari Mbak Jujuk (Tutor) membaca, menulis dan berhitung 1-25” ujar Adi murid kelas 1 SD yang nampaknya membutuhkan sekali bimbingan ini karena sering ketinggalan pelajaran di sekolahnya.
Ini adalah sekelumit kegiatan di Omah Pinter yang memberikan bimbingan belajar bagi anak-anak yang mengalami kesulitan pelajaran di sekolahnya.

Selebihnya ada banyak kegiatan di Omah Pinter, simak yang berikut ini :
Gemar membaca. Kegiatan utama agar anak bimbing suka membaca buku dan media cetak (koran dan majalah) yang mendorong anak memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Out Bound. Kegiatan belajar di luar ruangan dengan pendekatan permainan dan aktivitas fisik (olah raga) yang didalamnya berisi nilai-nilai membangun kekompakan (team building), toleransi antar teman dan belajar untuk menang dan kalah dalam kompetisi.

Sadar lingkungan. Kegiatan dalam rangka mengenalkan, menumbuhkan rasa memiliki dan ikut menjaga kelestarian alam karena kebanyakan tinggal di tepian hutan. Bentuk kegiatan misalnya kompetisi menanam dan mengarang dengan tema lingkungan

Keterampilan. Kegiatan untuk merangsang dan meningkatkan daya kreativitas anak melalui kegiatan yang menyenangkan misalnya : membuat karya dari bahan bekas koran dan kardus, menggambar dan menempel dengan biji-bijian dan kain perca, membuat boneka, gantungan kunci, figura, kotak pensil dll.

Berkesenian. Kegiatan dalam rangka mengenalkan dan melestarikan seni dan budaya lokal dan nasional misalnya : membaca puisi, bermain drama, menari, mendongeng cerita rakyat dan panggung boneka.

Wartawan Cilik. Kegiatan dalam rangka menyalurkan bakat jurnalistik anak dan merangsang anak untuk menghasilkan tulisan yang layak untuk dimuat di media.

Menu Sehat.
Kegiatan dalam rangka memberikan wawasan pada anak agar gemar menyantap makanan sehat (suka sayur, buah, susu, roti, daging dll) karena biasanya anak lebih suka jajan. Dikemas dengan kegiatan menarik misalnya : menghias roti dan membawa bekal untuk makan bersama.

Semua kegiatan ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan, potensi dan faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki oleh omah pinter. Ada kalanya suatu kegiatan yang sangat diinginkan oleh anak didik tidak dapat dengan cepat direalisasikan karena harus dimusyawarahkan dulu dengan orang tua misalnya Out Bound. Tetapi terkadang spontanitas tutor dibutuhkan pada saat anak mulai jenuh misalnya mendongeng atau bermain teka teki.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka ikut membantu Keluarga sangat miskin dalam meningkatkan kualitas dan prestasi anak-anak PKH pada khususnya dan keluarga miskin pada umumnya. Serta ingin membina anak-anak Keluarga sangat miskin secara langsung agar mereka dapat lebih bersemangat sekolah dan harapannya dapat berprestasi disekolah.

Kata orang bijak ”Gunung yang nampak tinggi menjulang rasanya sulit untuk ditakhlukan, tapi ia akan berada dibawah telapak kaki bila kita telah mendaki sampai puncaknya”. Ungkapan ini rasanya sangat pas untuk menggambarkan bagaimana Omah Pinter ini dulu akan dirintis. Rasa takut dan rasa sulit selalu datang menghimpit saat Omah Pinter ini belum dibentuk, sekarang pada saat telah terbentuk masih banyak perjuangan yang harus dilakukan untuk membuatnya terus maju dan berkembang, dan tidak terlindas oleh roda keterbatasan dan tanpa dukungan. Mohon Doa agar kami tetap istiqomah dan selalu diluruskan dalam niat, agar Omah Pinter menjadi kegiatan yang penuh manfaat dan jauh dari mudharat.

Oleh : Agustin Hariyani, Ketua Tim OmahPinter Kab.Madiun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kita harus melayani mereka

kita harus melayani mereka
terima kasih PKH